KASIH

Kasih dapat didefinisikan sebagai suatu perasaan/rasa terhadap Tuhan,Manusia dan Makhluk hidup lainnya. Perasaan itu dapat berupa rasa peduli, menyanyangi dan mencintai. Kasih tidak hanya kepada sesama manusia tetapi yang terpenting kita juga harus mengasihi Tuhan dan seluruh makhluk hidup lainnya seperti hewan dan tumbuhan. Kasih itu lemah lembut, sebagai makhluk sosial kita harus saling mengasihi karena kasih dapat atau akan menimbulkan suasana hidup yang tenang dan teduh.Dengan kasih kita dapat menjaga perdamaian antar sesama manusia di muka bumi ini.

Cinta kasih yang dimiliki oleh seseorang tidak dapat terukur dengan apapun. Bilamana rasa kasih atau saling mengasihi telah tertanam pada diri setiap manusia niscaya hidup ini akan beroleh berkat dan karunia karena kasih dapat menyatukan seluruh umat manusia. Mengasihi seseorang perlu perasaan yang begitu mendalam dari jiwa masing-masing. Kekuatan kasih membuat setiap orang merasakan kekuatan yang tiada taranya. Kasih yang diberikan atau dicurahkan kepada seseorang pasti akan sangat bermakna kepada orang tersebut.

Banyak orang lupa bahwa rasa saling mengasihi janganlah hanya pada sesama manusia. Perlu diingat hewan-hewan dan tumbuhan di muka bumi ini perlu kita sayangi dan kasihi, karena kita hidup berdampingan di bumi ini. Meskipun hewan dan tumbuhan tidak memiliki akal atau budi pekerti seperti manusia, kita sebagai manusia perlu menjaga hewan dan tumbuhan. Karena dengan kita mengasihi hewan-hewan dan tumbuh-tumbuhan kita juga dapat menjaga kelestarian mereka di muka bumi ini.

Satu lagi rasa saling mengasihi yang paling utama harus kita tanamkan kepada Sang Pencipta, Tuhan YME. Kita harus mengasihi Tuhan dengan segenap jiwa,hati dan segenap akal budi kita. Mengasihi Tuhan juga merupakan ucapan atau tanda syukur kita terhadap apa yang telah kita dapatkan selama ini dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Secara garis besar kasih dapat diartikan secara universal. Kasih yang banyak kita ketahui hanya sebatas kepada manusia saja tapi ketahuilah kasih atau rasa saling mengasihi kepada hewan dan tumbuhan serta yang paling utama kepada Tuhan YME harus kita tanamkan pada diri kita. Kasih atau saling mengasihi adalah suatu perbuatan yang terpuji serta dapat membawa ketenangan bagi umat manusia serta makhluk hidup lainnya.

Salah satu bentuk rasa kasih atau saling mengasihi kepada Tuhan yaitu dengan selalu mengucap syukur dan berbuat sesuai dengan kehendak Tuhan. Dengan beribadah juga merupakan wujud kasih kita kepada Tuhan. Kalau untuk kasih sesama manusia salah satu contohnya yaitu dengan memiliki rasa kepedulian terhadap saudara-saudara ataupun orang yang sedang mengalami kesusahan. Contohnya baru-baru ini negara kita sedang ditimpa bencana yaitu meletusnya gunung Merapi, Tsunami Mentawai dan Banjir Wasior, kita sebagai makhluk sosial harus memiliki sikap kepedulian dengan membantu saudara-saudara kita yang tertimpa bencana.

Bentuk rasa kasih terhadap makhluk hidup lainnya seperi hewan dan tumbuhan yaitu dengan kita sebagai umat manusia harus memiliki kepedulian terhadap lingkungan sekitar yaitu dengan cara menjaga kelestarian dan keseimbangan alam di muka bumi ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s