Pandangan saya mengenai Demo Kenaikan BBM

Pendapat saya mengenai demo-demo yang baru saja terjadi akhir-akhir ini di Indonesia yaitu mengenai kenaikan BBM mempunyai hal yang positif dan ada juga negatifnya, banyak juga kekurangan dan kelebihannya. Contohnya pada demo kenaikan BBM besar-besaran yang terjadi pada tanggal 30 Maret 2012. Demo yang dilakukan oleh seluruh lapisan mayarakat terutama dari kalangan mahasiswa dan buruh itu melanggar hukum dan HAM. Banyak pro dan kontra terhadap demo tersebut. Kericuhan yang mengarah aksi anarkis terjadi pada demo tersebut. Para demonstran memaksa masuk ke dalam gedung DPR sehingga polisi pun melakukan tindakan-tindakan memblokade massa.

Hal tersebut membuat demonstrasi yang diharapkan berjalan damai malah menjadi anarkis. Banyak pihak yang menyesalkan kejadian ini. Kejadian anarkis pada saat demo kenaikan BBM tidak hanya terjadi di Jakarta saja, akan tetapi di kota-kota lain di seluruh Indonesia. Sebenarnya memang kita tak pungkiri juga kalau kenaikan BBM dapat berdampak buruk dalam perekonomian masyrakat. Contohnya saja kalau harga BBM naik pasti harga bahan-bahan pokok akan ikut naik juga. Mungkin dari sebab itu lah banyak terjadi protes di masyarakat terhadap pemerintah yang menaikkan harga BBM.

Tentu semua kembali kepada diri kita lagi sejauh mana kita dapat mengatasi dampak dari kenaikan BBM tersebut. Jamgan lantas kita juga melakukan aksi-aksi anarkis yang dapat merugikan diri kita sendiri maupun orang lain. Demo yang anarkis juga tidak ada yang mengharapkan dan tentu yang akan rugi juga kita karena aspirasi kita belum tentu dapat tersampaikan dengan baik kepada pemerintah. Justru Pemerintah malah mencap sikap buruk terhadap para demonstran. Karen perbuatan anarkis tersebut jelas-jelas melanggar hukum dan HAM.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s