Pengambilan Keputusan Konsumen Terhadap Produk Smartphone

Perkembangan zaman saat ini sudah semakin pesat. Penggunaan gadget canggih pun sudah tidak asing lagi karena di pasaran sudah menawarkan banyak variasi. Dalam era globalisasi pasar bebas memberi peluang munculnya berbagai jenis barang dan jasa dengan banyak merek yang terjual dipasaran. Persaingan antara merek dari setiap produk yang semakin tajam, mengakibatkan setiap konsumen dapat memilih variasi merek produk yang lebih berkualitas. Dengan memilih variasi merek produk yang lebih berkualitas maka dalam menunjang pengambilan keputusan, setiap konsumen dapat memilih sesuai dengan seleranya, daya belinya dan kualitas produk dengan harga jual yang lebih murah.

Salah satu hal yang perlu diperhatikan oleh perusahaan dalam melakukan pemasaran produk yang akan dijual adalah dengan memahami kebutuhan konsumen, mengetahui kebutuhan konsumen dan selera dari pada konsumen. Keputusan konsumen merupakan hal yang penting, sebab dengan adanya pemahaman mengenai keputusan konsumen maka perusahaan akan lebih mudah dalam membuat suatu perencanaan pemasaran serta penetapan kebijakan pemasaran dan sebagai dasar dalam pelaksanaan kegiatan pemasaran, alasannya karena berhubungan dengan produk yang akan dijual kepada konsumen.

Kebutuhan dan selera masyarakat terhadap alat telekomunikasi semakin tinggi, kebanyakan masyarakat saat ini tidak lagi semata-mata memerlukan handphone (telepon genggam) sebagai alat komunikasi saja. Kebutuhan masyarakat terhadap handphone sekarang sudah beragam. Saat ini handphone diharapkan bisa mempunyai fitur-fiitur yang canggih, seperti akses internet yang cepat serta aplikasi-aplikasi yang menghibur. Perkembangan zaman yang saat ini menuntun orang-orang untuk mengakses jaringan internet ini yang dimanfaatkan oleh beberapa produsen handphone untuk menciptakan handphone pintar yang sekarang lebih dikenal dengan smartphone. Banyak diantara produsen alat telekomunikasi berlomba-lomba menciptakan smartphone yang memiliki fitur-fitur canggih yang diinginkan oleh masyarakat.

Seperti yang kita ketahui,perkembangan Smartphone di Indonesia saat ini sangatlah pesat..Masuknya beberapa smartphone mampu membuat pengguna memilih handphone seperti apa yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Contohnya seperti Blackberry dan Samsung dengan OS android yang digemari konsumen di Indonesia.

Kedua merek smartphone Blackberry dan Samsung memilki keunggulan atau kelebihan yang berbeda-beda. Jadi masyarakat bebas memilih smartphone mana yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Memang dapat dirasakan dalam 2-3 tahun terakhir kedua merek tersebut bisa dibilang “merajai” pasar gadget di Indonesia. Masyarakat seolah-olah seperti terhipnotis akan fitur-fitur yang ditawarkan kedua merek smartphone tersebut. Kondisi ini menunjukan bahwa kebutuhan masyarakat dan kepekaan masyarakat terhadap gadget saat ini sangatlah tinggi. Orang-orang banyak yang memilih smartphone disebabkan karena dorongan perkembangan zaman yang mempengaruhi dunia teknologi saat ini.

Blackberry dan Samsung kemungkinan hingga akhir tahun 2012 ini masih menjadi “primadona” bagi sebagian masyarakat di Indonesia yang menggunakan telepon selular tidak hanya sebagai alat komunikasi tetapi sebagai alat untuk memudahkan dalam proses berkehidupan sehari-hari di zaman yang sudah modern saat ini. Kecenderungan masyarakat untuk berhubungan atau bersosialisasi di dunia maya atau jejaring sosial mungkin menjadi salah satu faktor penyebab kedua merek tersebut semakin diminati oleh masyarakat di Indonesia. Ataupun hiburan yang kurang dapat dirasakan oleh masyarakat yang menjadi penyebab salah satunya orang-orang memiliki smartphone yang menawarkan fitur-fitur dan aplikasi-aplikasi yang unik dan tentunya saja cukup menghibur.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s