BISNIS ONLINE

Bisnis Online di Indonesia saat ini sangat berkembang pesat. Angka pengguna Internet di Indonesia yang tinggi yang menyebabkan banyaknya para pelaku bisnis online di Indonesia. Tentu saja bisnis online memilki resiko-resiko, atas dasar semua itu sebagai pelaku bisnis online harus siap menerima resiko tersebut. Banyak resiko yang timbul dalam bisnis online dari sisi penjual contohnya seperti penipuan oleh konsumen dan lain sebagainya. Bukan hanya dari sisi penjual tetapi dari sisi pembeli, bisnis online memiliki resiko yaitu seperti penipuan.

Bisnis online sangat rentan dengan penipuan, karena bisnis secara online membuat penjual dan pembeli tidak bertemu secara langsung (melalui dunia maya). Sistem kepercayaan antar produsen dan konsumenlah yang ada dalam bisnis online karena proses transaksi pembelian juga dilakukan secara online.

Berikut tips-tips menghindari oenipuan dalam berbelanja online :

1. Cermati Promo-promo yang di gelar. promo harus bersifat masuk akal. biasanya untuk menarik pembeli penjual sering melakukan promo menarik. namun kita jangan cepat percaya pada promo tersebut. kita harus mencermati promo tersebut.

2. Jangan mengirim uang sebelum ada ketentuan jelas. Kita harus punya setidaknya bukti apabila uang kita di bawa kabur. Nomer rekening penipu dan tanda transfer pengiriman uang susah untu dijadikan bukti.

3. Jangan pernah tergoda dengan harga murah. Biasakan melihat harga pasaran. Kalaupun masih memungkinkan ada potongan harga atau diskon untuk dicermati bagaimannya.

4. Mengunjungi toko penjual(seller) apabila dirasa perlu dan ragu dengan transaksi onlinenya.

5. Usahakan Bertransaksi pada website yang beralamat di daerah kota sendiri dan tanyakan untuk proses C.O.D. apabila penjual (seller) tidak mau karena alasan yang tidak jelas. Lebih baik hentikan proses transaksi karena kebanyakan penjual(seller) lebih senang dengan proses transaksi C.O.D. jika memang diluar kota usahakan untuk menggunakan Jasa REKBER (rekening bersama).

 

sumber :

http://teknologi.kompasiana.com

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s