Penyebab Kegagalan dalam berbisnis

Ini 6 penyebab utama kenapa bisnis Anda gagal

Menurut statistik Small Business Administration (SBA), 2/3 bisnis mampu bertahan setidaknya selama dua tahun. Ini cukup mengejutkan mengingat banyak fakta yang menunjukkan 50% usaha akan gagal pada tahun pertama. Here are the top 6 reasons why businesses fail and tips for avoiding them.

#1. You start your business for the wrong reasons. Apakah Anda berbisnis untuk menghasilkan banyak uang? Apakah jika berbisnis Anda berpikir akan memiliki lebih banyak waktu untuk keluarga? If so, you’d better think again. Namun jika alasan Anda tercantum di bawah ini, maka kesempatan Anda untuk sukses akan lebih besar lagi: (1) Anda memiliki passion pada bisnis yang Anda geluti dan sudah melakukan survey bahwa produk yang Anda hasilkan sesuai dengan kebutuhan pasar. (2) Secara mental, Anda siap menghadapi kegagalan. (3) Anda mau belajar dari kegagalan dan berusaha kembali jika ini terjadi.

#2. Manajemen yang buruk. Banyak survei yang menunjukkan kalau hal ini adalah penyebab kegagalan nomor satu dalam berbisnis. Pengusaha baru biasanya kurang pengalaman soal manajemen bisnis seperti masalah keuangan, penjualan, pembelian, produksi, dan pengaturan SDM. Oleh karena itu seorang pengusaha harus bisa mengontrol dan membaca situasi usahanya sehingga dapat memperbaikinya bila tanda-tanda kerugian sudah mulai muncul.

#3. Tidak Efisien. Kesalahan umum lainnya adalah biaya operasional yang tidak efisien. Kadang pengusaha baru ini tidak memperhitungkan dengan tepat biaya produksi dan harga produk. Mereka kadang juga mengharapkan angka penjualan yang tidak realistis.

#4. Lokasi, lokasi, lokasi. Tempat adalah adalah faktor penting untuk kesuksesan bisnis Anda. Bila Anda menemukan sebuah tempat yang Anda anggap cocok untuk bisnis Anda, lakukan survei mengenai lokasi tersebut setiap hari selama satu bulan. Apakah orang yang lalu lalang di lokasi tersebut cukup banyak?

#5. Kurang perencanaan. It is critical for all businesses to have a business plan. Banyak bisnis kecil yang gagal karena tidak mempersiapkan rencana yang matang. Semua harus realistis dan akurat, serta menunjukkan rencana masa depan yang baik.

#6. Overexpansion. Ekspansi yang terlalu luas menyebabkan bisnis Anda tidak fokus sehingga pertumbuhannya akan lambat. Jika Anda ingin melakukan ekspansi bisnis di bidang lain, tunggu sampai bisnis utama Anda benar-benar ‘matang’ dan cash flow lancar.

 

sumber : http://www.cleo.co.id/life.career/career/6.penyebab.kegagalan.berbisnis/001/010/218

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s